Senin, 31 Agustus 2020

Mari kita belajar bermain Drum

 Hai teman teman jika kalian ingin menjadi drummer, Anda cukup berlatih selama 3 hari sekali, Bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skill drum Anda, Anda benar benar perlu berlatih secara rutin. Dimulai dari pelajaran sekolah, less privat, tutorial video, dan belajar sendiri (Otodidak), bagi anda perlu berlatih drum sesering mungkin karena dapat melatih daya ingat dalam bermain drum. Anda tidak bisa bermain drum dengan 1 kali pecobaan. Meskipun dalam bermain drum dianggap mudah dipelajari, tetapi kenyatanya berbeda. Bagi Anda yang ingin belajar selain drum Anda bisa belajar alat musik ritmis seperti Cajon, Djmbe, Conga, Tamborin, Rebana, Katanyet, Triangle, Simbal, dan Marakas.


Dalam memainkan lagu, seorang drummer harus bisa menjaga tempo dalam memainkan lagu karena yang dapat mempercepat dan memprlambat tempo lagu adalah seorang drummer, Jika Anda ingin menjadi drummer yang hebat sebaiknya anda berlatih satu setengah jam setiap hari. Anda juga bisa bermain drum mengunakan alas lantai, bantal, kursi yang perlu anda butuhkan adalah stick drum karena stick drum bisa membantu Anda dalam belajar drum, bisa juga anda melakukan istirahat aktif (Active break) memungkinkan Anda untuk beristirahat tetapi melakukan sesuatu positif, sedangkan istirahat pasif (Passive break ) memungkinkan Anda menghabiskan waktu dengan malas - malasan. 


Sebelum kita belajar drum, sebaiknya kita mengenal bagian-bagian drum set terlebih dahulu

Bagian-bagian dari drum set antara lain:
1.    Bass Drum memiliki fungsi mirip seperti snare drum, yaitu sebagai penentu ketukan dalam memainkan lagu. Dalam drum set bass drum diletakan di bagian bawah. Untuk memukulnya, dibutuhkan alat bantu yang bernama pedal, dimainkan dengan cara diinjak sehingga menghasilkan suara, ada juga jenis seperti double pedal  yang dapat dimainkan dengan dua kaki dalama satu bass drum, sehingga bisa menghasilkan suara double.



 ~ Bass Drum~

2.    Tom tom memiliki fungsi bagi drummer untuk memvariasikan pukulan dalam memainkan lagu. Tom tom biasanya terbuat dari kayu maple atau birch.
Tom tom memiliki variasi dari yang terkecil:6'', 8'', 10'', 12'', 13'', 14'', 15'', 16'',18'',dan 20''
Di dalam drum standar biasanya terdapat tiga bagian, yaitu
~ Smal tom tom 1
~ Smal tom tom 2
                         ~ Large tom tom atau (floor tom)



~Tom tom~

3.    Hit-Hat memiliki fungsi didalam bermain drum yaitu untuk mengatur tempo dalam permainan. Hit-Hat adalah dua lempeng simbal yang digabungkan menjadi satu bagian. Simbal memiliki beragam variasi ukuran yaitu: 10'', 13'', 14'', dan 15''.


  ~Hit-Hat~

4.    Ride Cymbal memiliki fungsi yaitu sebagai iringan atau rhythm. Didalam satu drum set hanya terdapat satu ride cymbal dan disamping terdapat simbal yang lain. Pada drummer metal biasanya mengunakan 2 ride cymbal yang terletak di kanan dan kiri drummer.



    ~Ride Cymbal~

5.    Crash Cymbal memiliki fungsi untuk menambah variasi bunyi dalam bermain. Crash Cymbal di bunyikan pada saat fill-in. Crash Cymbal memiliki beberapa jenis yaitu: dark crash, power crash, light crash, medium crash, thin crash, ride crash, flat crash, dll. Crash Cymbal memiliki ukuran yang berbeda mulai dari 15'', 16'', 17'', 18'', 19'', 20'', dan 22''. Lempengan pada crash cymbal lebih tipis dari pada ride cymbal.

                                                                        
                                                                   ~Crash Cymbal~

6.    Splash Cymbal memiliki fungsi mirip seperti crash cymbal. Sebagai menambahkan variasi suara dalam bermain drum. Splash Cymbal memiliki ukuran yang kecil dari crash cymbal, seperti 6'', 8'', 10'', dan 12''. Biasanya Splash Cymbal diletakan di atas small tom tom.


 ~Splash Cymbal~

7.    Chinesese Cymbal memiliki peranan sama dengan crash cymbal. Chinesese Cymbal memiliki bentuk yang beda dengan simbal yang lain, Chinesese Cymbal memiliki bentuk seperti simbal tetapi diposisi kan terbalik. Diciptakan dari bengaruh seni musik China, dan memiliki ukuran dari 8''8, 20''.


Chinesese Cymbal~


8.    Bell Cymbal memiliki fungsi sama seperti splash cymbal, namun ia memiliki lempengan yang tebal.


9. Drum stick memiliki fungsi unkuk alat pukul drum. Yang berupa sepasang tongkat kayu yang kecil, terbuat dari kayu. Macam-macam stick drum juga mempengaruhi suara dalam bermain drum.

Jika bagian - bagian drum set di gabungkan menjadi satu seperti dum set dibawah ini.

                                           
                                                                      ~Bagian - bagian Drum set~

0 komentar:

Posting Komentar

 

Chat Box